Aisyah Camilla
Latest posts by Aisyah Camilla (see all)

Scholarship Adalah – Berbicara soal beasiswa, berarti kita membicarakan istilah-istilah di dalamnya. Selama ini mungkin kita sering mendengar mengenai beasiswa itu sendiri. Namun bagaimana dengan fellowship, grants atau awards, kemudian apa perbedaan dari istilah-istilah tersebut?

Nah dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap perbedaan dari scholarship, fellowship, grants dan awards, yang masing-masing dilengkapi dengan contoh, berikut penjelasannya.

Perbedaan Scholarship, Fellowship, Grant dan Awards

beasiswa

#1. Scholarship

Scholarship adalah istilah untuk beasiswa, sejauh ini terdapat dua jenis scholarship, yaitu full dan partial.

Apa itu scholarship full dan scholarship partial?

Sesuai dengan namanya, scholarship full merupakan sebuah program beasiswa yang memberikan pembiayaan lebih lebih lengkap, entah itu biaya perkuliahan, biaya hidup serta biaya perjalanan untuk beasiswa luar negeri.

Selain menanggung pebiayaan perkuliahan, akomodasi perjalanan dan biaya hidup, scholarship full biasanya juga membiayai riset dan publikasi ilmiah. Sebab seperti yang kita tahu semua, bagi mahasiswa Magister dan Doktor publikasi ilmiah adalah sebuah keharusan.

Sedangkan partial scholarship adalah program beasisawa yang hanya memberikan bantuan sebagian saja, baik itu biaya hidup maupun biaya pendidikan.

Beasiswa penuh tentunya lebih menjamin apabila dibandingkan dengan beasiswa sebagian, dimana mahasiswa tinggal fokus terhadap perkuliahan dan apa yang ditargetkan. Hal tersebut jauh berbeda dengan beasiswa sebagian dimana mahasiswa dituntut untuk memikirkan biaya tambahan untuk memenuhi kebutuhan hidup atau perkuliahan.

Tapi kalian tidak perlu khwatir, sebab di luar negeri terdapat pekerjaan paruh waktu yang bisa kita ambil, tentu hal ini akan membantu pembiayaan sela kuliah.

berikut bebrapa contoh dari program beasiswa yang dapat kalian coaba.

  • DAAD dari pemerintah Jerman
  • Chevening dari pemerintah Inggris
  • StuNed dari pemerintah Belanda
  • BGF dari pemerintah Francis
  • ADS dari pemerintah Australia
  • Fullbright dari pemerintah Amerika Serikat
  • Monbukagakusho dari pemerintah Jepang

#2. Fellowship

Baik fellowship ataupun scholarship adalah hibah dari pihak tertentu, sehingga dapat disimpulkan setiap fellowship adalah scholarship, namun setiap scholarship belum tentu merupakan fellowship.

Fellowship sendiri memiliki karakteristik yang membedakan dengan beasiswa lainnya, dimana hibah yang diberikan biasanya hanya untuk pengembangan karir profesional. Sehingga hal inilah biasa disebut dengan fellow.

Bantuan yang diberikan lebih terukur, dimana hanya untuk pengembangan profesi tertentu saja, sebab tujuannya sendiri adalah untuk pengembangan karir profesianal ataupun pekerjaan.

Kualifikasi fellowship cendrung didasarkan pada skill, nilai serta kualifikasi yang dimiliki dalam bidang tertentu, dalam hal ini yang dibutuhkan oleh pemberi beasiswa.

Sedang untuk pembiayaan tidak jauh berbeda dengan beasiswa ful, dimana penerima beasiswa mendapatkan pembiayaan secara penuh dari pihak pemberi. Hanya saja yang membedakan adalah terikat oleh waktu, misal hari, bulan dan tahun.

Sehingga tidak ada jaminan mendapatkan bantuan hingga masa study selesai. Untuk contoh fellowship seperti NFP dari pemerintah Belanda.

#3. Grants

Grant atau hibah adalah bantuan yang diberikan pihak tertentu untuk pengembangan pendidikan dan penelitian. Biasanya program ini dijalankan oleh pihak universitas sebagai program penelitian pada bidang tertentu.

#4. Awards

Awards atau penghargaan adalah sebuah beasiswa yang diberikan kepada seseorang yang memiliki kontrbusi terhadap bidang tertentu melalui publikasi ilmiahnya.

Beasiswa ini lebih spesifik untuk bidang tertentu saja, karena memang memilih mereka yang memiliki kontribusi terhadap bidangnya masing-masing. Untuk contoh program ini seperti Australian Awards dari pemerintah Australia.

Demikian pembahasan mengenai Perbedaan Scholarship, Fellowship, Grant dan Awards yang dapat saya bahas dalam kesempatan ini. Semoga artikel yang singkat ini dapat membantu serta menambah wawasan kalian.

Published by Aisyah Camilla

Senang sekali memotret walaupun bukan tukan potret profesional.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *